Home » , » Asal Usul Munculnya Nama perusahaan IT

Asal Usul Munculnya Nama perusahaan IT

Posted by Technosi on Jumat, 25 Oktober 2013

hy sobat blogger saking padatnya jadwal udah lewat deh waktu posting blognya. biasa saya posting sore gitoe biar keluar inspirasi nya hehe.
baiklah sobat malam hari ini saya akan bercerita nihh tentang asal usul nama perusahaan IT.

 Mencari nama bagi perusahaan memang tak mudah. Sama sulitnya mencari nama bayi yang baru lahir atau nama sebuah nama sebuah band musik, mislanya. Tapi, apakah nama juga akan mempengaruhi dengan kelanggengan sebuah perusahaan? Tidak ada yang bisa memastikannya. Yang jelas, pasti ada di balik proses penentuan nama-nama sebuah perusahaan.

Berikut ini adalah cerita-cerita di balik munculnya nama-nama perusahaan raksasa bidang IT dan elektronik :

1. HP  - Pendiri  Hewlett-Packard, Bill Hewlett dan Dave Packard sempat berdebat untuk memberikan nama perusahaan, apakah akan menjadi Hewlett-Packard, atau Packard-Hewlett. Akhirnya mereka berdua mengundinya dengan sebuah koin. Daan lairlah nama HP dari singkatan nama mereka.


2. Sun Microsystem  - Para pendiri Sun : Andy Bechtolsheim, Vinod Khosla, dan Scott McNealy adalah sesama mahasiswa dari Stanford University. Saat itu Bechtolsheim mendapat proyek untuk membuatkan workstation bagi kampusnya, dan proyek itu bernama Stanford University Network. Nama itulah yang kemudian disingkat menjadi SUN.

                                                  
3. Cisco  - nama Cisco sering dikira merupakan kependekan dari kata-kata tertentu. Padahal, Cisco diambil dari San Franciscoyang diharapkan menjadi tempat selain Silicon Valley. Oleh karenanya, di masa awalnya, perusahaan ini selalu memaksa agar namanya ditulis dengan huruf kecil semua.
Baca juga :   Yukk Buat WIFI di Laptop dengan Modem
                                                   
4. Apple  - Saat itu perusahaan ini sudah telat beberapa bulan untuk mendaftarkan nama dan merk dagang mereka. Lalu salah satu pendirinya, Steve Jobs  menantang para pendiri perusahaan lain untuk mengajukan nama yang lebih baik dari ‘ Apple’. Apple sendiri adalah buah kesukaan Jobs. Akhirnya nama yang diajukan Steve Jobs-lah yang kemudian dipilih.


5. Intel  - Dua pendiri perusahaan ini, yakni Bob Noyce dan Gordon Moore, sebenarnya ingin menamakan perusahaan dengan kombinasi dua nama mereka ‘Moore Noyce’. Sayang, nama itu sudah di daftarkan sebagai merk dagang dari jaringan hotel. Akhirnya mereka memberi alternatif kedua, dengan menamakan perusahaan mereka sebagai kependekan dari INTegrated ELectronics atau INTEL.
                                             
Baca juga :    Cara Cek Kecepatan Loading Blog

6. Microsoft  - Nama perusahaan ini merupakan kependekan dari MICROco,puter SOFRware. Dari nama yang ia buat, terlihat jelas bahwa pendiri perusahaan Bill Gates sudah yakin akan potensi dari bisnis software. Sebab pada saat itu komputer merupakan teknologi yang baru dan bisnis sofware bukanlah bisnis yang sudah berkembang.

7. Adobe  - Walaupun Adobe berarti batu bata atau batako, tetapi nama Adobe bukan terinspirasi oleh bata. Melainkan, karena salah sorang pendiri perusahaan ini, John Warnock, memiliki rumah di Adobe Creek, sebuah sungai di Los Altos, California.
                                       
8. Oracle  - Salah satu produk awal yang dikerjakan oleh pendiri perusahaan Larry Ellison dan Bob Oats, adalah aplikasi RDBMS, yang merupakan proyek pesanan CIA. Proyek ini diberi nama kode ‘Oracle’ karena diharapkan bisa menjawab segala macam jenis pertanyaan menyangkut segala hal tentang kehidupan. Belakangan CIA menghentikan proyek ini, namun Ellison dan Oats meneruskannya dan menjadikan nama proyek itu menjadi nama perusahaan.

                           

9. Sony  - Pendiri perusahaan ini, Aiko Morita, menginginkan nama yang tak asing bagi konsumen mereka, Amerika Serikat. Nama Sony sendiri merupakan turunan dari kata Latin ‘Sonus’ yang artinya adalah suara. Selain itu, nama itu juga berasal dari kata Slang ‘Sonny Boy’ yang pada tahun 1950-an di Jepang bermakna ‘Anak muda yang cerdas dan tampan’. Begitulah Akio Morita memandang dirinya sendiri. 

                                    


10. Yahoo  - Nama perusahaan ini dipilih oleh Jerry Yang dan Davis Filo, merupakan kependekan dari ‘Yet Another Hierarchical Officious Oracle’ . Tak jelas apakah ‘Officious Oracle’ yang dimaksud adalah proyek yang sempat dikerjakan oleh Larry Ellison dan Bob Oats. Yang pasti, dua mahasiswa Stanford itu juga menyukai arti kata ‘Yahoo’ di kamus, maupun dikisah fiksi besutan Jonathan Swift berjudul Gulliver’s Travel yang maknanya adalah ‘kasar atau tak tau adat’

                                  

11. Google  - Dua pendiri, Larry Page dan Sergey Brin, awalnya menamakan perusahaan ini ‘Googol’ yang merujuk pada bilangan 10 pangak 100. Dua mahasiswa yag drop out dari program PhD mereka di Stanford itu, menamakan nya demikian, untuk menyimbolkan proyek algoritma pemeringkat website mereka, sebagai sebuah proyek yang akan melibatkan data yang sangat masif. Tapi saat mencari investor dan bertemu dengan salah satu pendiri Sun, Andy Bechtolsheim, nama ‘Googol’ ditulis menjadi ‘Google’ agar lebih menjual.
                                   
Unik, Kreatif, Simple dan Menarik, kesan saya ketika menulis artikel ini. Mereka adalah contoh para pendiri perusahaan raksasa di bidang IT dan Elektronik dunia sekarang. Nah buat kita semua jangan menyerah, kalau mereka bisa kenapa kita gak ..!!!
sekian sobat artikel malam ini semoga bermanfaat, jangan lupa like dan share ya :)

Thanks for reading & sharing Technosi

Previous
« Prev Post

28 komentar:

  1. gak nyangka nama google sebenarnya googol,untung dirubah menjadi google coba kalo masih googol,kan jadi gak keren

    BalasHapus
  2. Wah ternyata cukup klasik ya gan dibalik nama2 perusahaan raksasa tersebut, saya baru tahu loh terlebih HP yang ternyata mengandung unsur nama kepemilikan antara Hewlett-Packard

    BalasHapus
  3. wah..mantap nih gan info'a..
    Unik-unik yah cerita munculnya perusahaan raksasa di bidang IT itu..

    BalasHapus
  4. mkasi buat infonya sob..
    nmbah wawasan

    BalasHapus
  5. Wah terimakasih gan jadi banyak tau

    BalasHapus
  6. Wah lengkap nih postingan asal muasal nama perusahaan IT nya gan, dan nama perusahaan IT di atas sudah sangat populer tentunya ya.

    BalasHapus
  7. wah ternyata banyak cerita unik di blaik nama" terkenal itu yaa

    BalasHapus
  8. "cisco" kl gak salah saya bacanya ini perusahaan yg di gandeng pt.telkom untuk misi 100.000 wifi di sekolahan apayah?

    BalasHapus
  9. ternyata dalam penamaan perusahaan pun sulit ditentukan, beruntung orang luar namanya keren-keren, coba kalo orang Indonesia. Misalnya yang punya Agus Mustofa sama Imam Mahmud, masa jadi Agus Mahmud nama perusahaannya ckckck kurang pas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa
      bkan kurang pas sob
      tpi blum terbiasa aja dengan nama tu

      Hapus
  10. ternyata it mempunyai sejarah yang cukup panjang ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak ririn
      keq sejarah cinta gtoe ya
      hehe

      Hapus
  11. Unik unik dan simple ya penamaanya tp bisa terkenal diseluruh dunia.
    Nice inpoh sob..

    BalasHapus
    Balasan
    1. welcome sob
      terima ksih jga udah berkunjung ke blog saya

      Hapus
  12. Java,Android dan Linux kq tidak ada mas Muhammad Zacky
    padahal kan mereka bisa saya bilang termasuk
    mohon penjelasan-nya mas muhammad zacky

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas reusam java itu bahasa pemograman bukan perusahaan
      android itu sistem operasi
      sedangkan linux itu hmpir sma dengan java
      dia program yg di rancang oleh perusahaan tertentu untuk mempeloreh pendapatan

      Hapus
  13. menarik juga ya mengetahui asal usul perusahaan besar dalam bidang it.
    menambah pengetahuan nih

    BalasHapus
  14. KSaya baru nih Sob, asal-usul namanya setelah membaca artikel ini. alau Stev Job suka makan duren, maka namanya jadi durian dong. He,, he,, he,,,
    Terimakasih infonya.


    Salam

    BalasHapus

1. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda :)
2. Follow Blog Ini, Saya Akan Follback