Home » , » Cara Mempercepat Booting Windows 7

Cara Mempercepat Booting Windows 7

Posted by Technosi on Jumat, 18 Oktober 2013

Hy sobat blogger pada kesempatan yang lalu saya telah membagikan 11 Tips atau Cara untuk mempercepat kinerja komputer windows 7. Kali ini saya akan membagikan cara mempercepat booting windows 7 Proses booting yang lambat pada windows 7, kadang-kadang dapat mengganggu kita di saat sangat butuh untuk mengoperasikan atau menggunakan pc/laptop secepatnya. Akan tetapi sebenarnya ada cara mempercepat booting windows 7 tersebut. Dengan proses booting yang cepat kita dapat dengan segera mengoperasikan komputer kita.

1. Buka aplikasi Notepad, ketikkan : del c:\windows\prefetch\ntosboot –*.* /q  dan simpan pada c:\ dengan nama “ntosboot.bat”.

2. Dari menu  "Start" pilih “Search programs and files…” dan ketikkan “gpedit.msc”.

3.Klik “Computer Configuration”,”Windows Settings”, lalu "Scripts (StartUp/Shutdown)" dan klik dua kali pada “Shutdown”.

4.Dalam Windows Shutdown Properties,klik “Add…”,”Browse…” lalu ambil file “ntosboot.bat” dari c:\ dan klik “Open”.

 
 

5. Klik “OK”,”Apply” dan “OK” sekali lagi untuk  menyelesaikannya.

 

6. Dari menu "START", pilih “Search programs and files…” dan ketikkan “devmgmt.msc



7. Klik dua kali pada “IDE ATA/ATAPI controllers”.
8. Klik kanan pada “Primary IDE Channel” dan pilih “Properties”.


9. Pilih tab”Advanced Settings”. Perhatikan Device 0 atau Device1 pada Device Type, lalu ganti “Auto Detection” dengan “None”.


10. Lakukan langkah yang sama pada Secondary IDE Channel.


Semoga dengan tips di atas dapat mempercepat booting windows 7 sobat.
jangan lupa di like n share :)

Thanks for reading & sharing Technosi

Previous
« Prev Post

36 komentar:

  1. ada efek sampingnya gk sob? takutnya ada hal negatif setelah seting kaya gini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. laptop saya gak tuh
      sob

      Hapus
    2. laptop sobat mungkin nggk, tapi laptop orang krenyed-krenyed hehe :D
      thanks ya buat share nya

      Hapus
  2. Wah Mantab banget nih gan ilmunya terimakasih sudah di share ke kita-kita.

    BalasHapus
  3. nice share bagus banget informasi ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemaren katanya blog saya berat
      :(

      Hapus
    2. loading blog memang berat, tapi artikel nya bagus banget kok hehe :D

      Hapus
    3. hmmm templatenya mungkin pnybab jdi berat ya kak ?????

      Hapus
    4. permasalahan loding blog ada di jquery sob, disana tertanam 2 scrypt jquery yakni v 1.4.1 dan v 1.5.1 , coba hapus yang v 1.4.1 karena pada satu template hanya bisa tertanam 1 file jquery saja.

      Hapus
    5. hmm thanks mas atas infonya :)
      akan saya coba ntar

      Hapus
  4. Makasih sob tipsnya,,, tambah ilmu lg nich...!
    Biasanya kalo saya pake Tuneup Utilities.
    Disable Startup Progams yang tidak penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya
      saya ada jga pke yg tu
      bikin laptop mkin lambat

      Hapus
  5. mantab sob,,,

    jijn praktekin yo ^_^

    BalasHapus
  6. blogger mobile nyimak saja ya mas... hehehe memang booting windows7 menurut saya lumayan berat mas.. apalagi di tambah banyaknya widget yang di pasang... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas
      mas coba baca artikel saya tentang cara mempercepat booting android
      :)

      Hapus
  7. saya juga nyimak aja nih karena saya masih pake XP

    BalasHapus
    Balasan
    1. owww iya kang :)
      sebenarnya bgus xp
      cman saya pke 7 krna tmpilannya saya suka :)

      Hapus
  8. Assalamualaikum, singgah dan follow di sini. Jemput ke blog saya pula ya. Terima kasih. Salam dari Malaysia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam silakan mas
      salam dari indonesia :)

      Hapus
  9. Terimakasih gan sangat bermanfaat buat saya tipsnya :)

    BalasHapus
  10. Wah makin banyak aja nih komentatornya terkait postingan di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe tambah cik lgi
      jdi mkin bnyak ni :)

      Hapus
  11. nice post,,, bermanfaat banget :)

    BalasHapus
  12. wah,, klo yg win 8 gmna ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh tu kurang tau gan
      blum pernah cba

      Hapus
  13. sangat membantu sob, sayang kompi saya masih win xp, jadi cuma bisa nyimak aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob
      mungkin ntar udah pke 7
      jdi udah tau cranya gmna :)

      Hapus

1. Terima Kasih Atas Kunjungan Anda :)
2. Follow Blog Ini, Saya Akan Follback